cara memilih anakan ikan lohan

       Anda sudah tidak asing lagi bukan dengan jenis ikan hias satu ini. Ikan louhan banyak dicari untuk dipelihara karena memiliki warna yang cantik. Selain warna yang cantik, hal yang membut ikan louhan memiliki banyak peminat adalah ikan ini memiliki ciri khas jenong besar di kepalanya. Ikan louhan sudah sejak lama dipelihara dan dibudidayakan di Indonesia.
Gambar Anakan Ikan Louhan Super
Gambar Anakan Ikan Louhan Super
Untuk jenis ikan louhan sangatlah banyak, dan ikan louhan yang banyak dicari adalah yang masih berupa anakan. Ini karena harga anakan ikan louhan lebih murah dan kita bisa melihat pertumbuhannya langsung dari kecil. Harga anakan ikan louhan  tergantung jenis dan ukurannya. Tetapi kali ini kami tidak hanya membahas tentang harga anakan ikan louhan, tetapi juga menyajikan, bagaimana memilih anakan ikan louhan yang bagus?
Ada banyak cara untuk memilih anakan ikan louhan yang bagus. Untuk setiap jenis anakan ikan louhan, tentu berbeda-beda dalam cara memilihnya. Ini karena tidak semua jenis anakan ikan louhan memiliki warna yang sama. Nah, untuk mempermudah anda mengetahui harga anakan ikan louhan terbaru berbagai ukuran dan bagaimana cara memilihnya. Silahkan simak penjelasan berikut ini.

Cara Memilih dan Harga Anakan Ikan Louhan

Ikan Louhan Kamfa Anakan
Ikan Louhan Kamfa Anakan

Anakan Ikan Louhan Yang Bagus

Untuk cara memilih anakan ikan louhan yang bagus, ini tergantung jenis dan ukuran ikan. Biasanya untuk anakan ikan lohan ukuran 3-4 cm masih terlihat jelas kesamaannya. Tetapi juga sudah memiliki panjang lebih dari 5 cm, maka akan lebih mudah untuk membedakanya. Ada banya cara untuk membedakan mana anakan ikan louhan yang bagus dan mana anakan ikan louhan berkualitas buruk. Berikut cara memilih anakan ikan louhan yang bagus.
  1. Memperhatikan Warna Anakan Ikan Louhan – Warna anakan ikan louhan yang bagus tidak akan beda jauh dengan warna indukannya, misalnya saja anakan ikan louhan kamfa. Anakan ikan louhan kamfa akan memiliki waran merah mudah dan akan berubah menjadi merah tua ketika sudah dewasa nantinya.
  2. Jenong Anakan Ikan Louhan – Walaupun anakan ikan louhan baru berukuran 5 cm, untuk jenis anakan ikan louhan bagus sudah akan terlihat bakal jenongnya. Ini terlihat dari benjolan kecil dibagian atas mata anakan ikan louhan.
  3. Corak Warna Anakan Ikan Louhan – Corak waran/bintik pada anakan ikan louhan yang bagus juga akan terlihat lebih jelas. Ini ditandai dari kerapihan dan motif bintik dari kepala hingga ujung ekor. Bahkan untuk anakan ikan louhan berkualitas super akan terlihat corak bintik pada bagain jenong.
  4. Sirip Anakan Ikan Louhan – Untuk sirip anakan ikan louhan yang bagus akan terlihat rapih dan cenderung menyatu, dari sirip punggung dan dubur hingga ujung ekor. Biasanya ciri-ciri dari anakan ikan louhan seperti ini akan sangat cantik nantinya dan memiliki harga jual tinggi.
  5. Mata Anakan Ikan Louhan – Mata anakan ikan louhan yang bagus akan berwarna bersih dan cerah. Untuk bentuk mata anakan ikan louhan yang bagus juga terlihat lebih ideal dan tidak menonjol keluar maupun terlalu masuk kedalam.
Gambar Ikan Louhan Jenis Ikan Louhan Lokal
Gambar Ikan Louhan

Harga Anakan Ikan Louhan

Harga anakan ikan louhan tergantung jenis dan kualitasnya. Semakin jarang ditemui dan memiliki waran cantik, maka akan membuat harga anakan ikan louhan lebih mahal. Harga anakan ikan louhan juga tergantung stok yang ada dipasaran dan permintaan konsumen baik dalam maupun luar negeri. Ini karena anakan ikan arwana yang bagus akan lebih cenderung diekspor karena memiliki harga jual lebih tinggi. Berikut daftar harga anakan ikan louhan berbagai jenis.

Daftar Harga Anakan Ikan Louhan Ukuran 10 Cm

Jenis Ikan LouhanHarga/Ekor
Anakan Ikan Louhan Golden RedRp 650.000.
Anakan Ikan Louhan KamfaRp 850.000.
Anakan Ikan Louhan CencuRp 150.000.
Anakan Ikan Louhan BonsaiRp 250.000.
Anakan Ikan Louhan Super Red DragonRp 400.000.
Anakan Ikan Louhan Super Red SynspillumRp 550.000.
Anakan Ikan Louhan Golden BaseRp 450.000.
Anakan Ikan Louhan KemalauRp 150.000.
Anakan Ikan Louhan Super Red TexasRp 600.000.
Anakan Ikan Louhan StromRp 650.000.
Anakan Ikan Louhan RainbowRp 650.000.
Gambar Ikan Louhan Jantan dan Betina
Gambar Ikan Louhan Jantan dan Betina

Anakan Ikan Louhan Jantan

Untuk jenis anakan ikan louhan jantan akan lebih terlihat cantik dan memiliki ukuran lebih besar. Selain itu, harga anakan ikan louhan jantan juga lebih mahal dari betinanya. Ini karena ikan louhan jantanlah yang banyak dicari untuk dijadikan ikan hias aquarium. Sedangkan untuk anakan ikan louhan betina hanya diperuntukan untuk indukan ketika proses budidaya louhan nantinya. Berikut ciri-ciri dan cara membedakan ikan louhan jantan dan betina yang masih kecil.
  1. Bentuk Tubuh Anakan Ikan Louhan Jantan dan Betina – Tubuh anakan ikan louhan jantan akan terlihat lebih panjang dan besar dibandingkan dengan betinanya. Selain itu, sirip anakan ikan louhan jantan juga akan terlihat lebih panjang dan rapih.
  2. Jenong Anakan Ikan Louhan Jantan dan Betina – Untuk jenong anakan ikan louhan jantan juga akan terlihat lebih besar dibandingkan dengan betinanya, walupun memiliki usia dan ukuran yang sama.
  3. Warna Anakan Ikan Louhan Jantan dan Betina – Anakan ikan louhan jantan akan memiliki warna lebih menarik. Yang dimaksud menarik disini adalah memiliki warna lebih cerah dan pola corak beraturan, beda dengan anakan ikan louhan betina.
  4. Alat Kelamin Anakan Louhan Jantan dan Betina – Jika anakan ikan louhan jantan dibalik dan bagian perut ditekan, maka akan terlihat alat kelamin yang memiliki dua lubang yang berdekatan dan terlihat tonjolan yang keluar. Sedangkan untuk anakan ikan louhan betina memiliki dua lubang kelamin yang berjauhan dan ketika ditekan tidak terjadi apa-apa.

Gambar Anakan Ikan Louhan SRD
Gambar Anakan Ikan Louhan SRD

Baca Juga : Makana Ikan Louhan Bias Jenong

Itulah bagaiman cara memilih anakan ikan louhan yang bagus, serta daftar harga anakan ikan louhan semua jenis. Bagaimana, anda sudah tidak bingungkan utnuk mencari anakan ikan louhan yang bagus?. Kami juga sudah menjelaskan secara terperinci bagaimana cara membedakan anakan ikan louhan jantan dan betina. Jadi sekarang jangan sampai salah pilih anakan ikan louhan yh. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu anda dalam mecari dan mengetahui harga anakan ikan louhan berbagai jenis. Terima kasih sudah mengunjungi website kami Bahasikan.com . Silahkan kunjungi artikel lainnya jika anda membutuhkan informasi menarik tentang berbagai jensi ikan dan harga terbarunya.

sumnber  https://bahasikan.com/anakan-ikan-louhan/

Komentar